Apa itu Digital Marketing? Apakah Penting di Era Sekarang?

Apa sih Digital Marketing itu? Sepenting itu kah dimasa sekarang? Daripada bingung simak penjelasannya pada artikel ini ya.
apa-itu-digital-marketing-argust-blog

Sebelumnya perkenalkan saya Gusti, seorang Digital Marketer yang dulunya blogger, desain grafis dan Programmer. Tidak sengaja nyemplung ke dunia digital karena challange dari bos dan akhirnya sampai sekarang bergelut dengan sosial media. Ini tulisan pertama saya di website ini, kemungkinan akan rutin menulis jadi semoga bermanfaat dan selamat membaca.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media digital untuk menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen potensial secara online. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek dengan memanfaatkan berbagai platform digital seperti internet, media sosial, perangkat mobile, mesin pencari, dan lain sebagainya.

Tujuan Digital Marketing

Bertujuan meningkatkan pangsa pasar secara digital yang berkemungkinan meningkatkan jumlah pelanggan melalui berbagai platform digital sehingga menghasilkan peningkatan interaksi yang akhirnya dapat dijadikan konversi untuk menambah penjualan.

Manfaat Digital Marketing

Setelah mengetahui pengertian dan tujuannya sudah pasti ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, berikut beberapa manfaat dari Digital Marketing:
  • Menargetkan Konsumen Sesuai Keinginan Mungkin jika kita menjalankan marketing konvensional susah untuk menargetkan konsumen, dengan berbagai tools Digital Marketing kamu bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang kamu tawarkan.
  • Menjangkau Semua Pasar Bagaimana tidak? 24x7 internet di dunia tidak berhenti dan semua jaringan digital selalu terhubung. Kamu bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.
  • Mudah Memperkenalkan Brand Untuk yang baru mempunyai produk atau jasa, sudah dipastikan goals utamanya adalah ingin diketahui konsumen terlebih dahulu. Istilah kerennya Brand Awareness, ya betul memperkenalkan apa yang kita jual dan meningkatkan reputasi produk maupun jasa yang kita jual. Jika konsumen sudah mengetahui apa yang kita jual dan melihat reputasi yang baik pasti akan membeli produk yang dijual.
  • Biaya Yang Murah Dibandingkan iklan di TV atau papan reklame ini jauh lebih murah. Sudah banyak platform digital yang menyediakan jasa beriklan, hanya buat akun, unggah foto/gambar/tulis artikel di web sudah bisa langsung diiklankan atau dengan kunjungan organik tanpa biaya dengan memanfaatkan SEO.

Media Yang Digunakan

Kamu bisa menggunakan platform/media dibawah ini untuk menjalankan metode Digital Marketing :
  1. Website Hampir semua perusahaan, penyedia jasa maupun penjual produk pasti memiliki website, selain untuk menunjukkan profesionalisme membantu untuk memperkenalkan produk/jasa yang dijual. Lebih mudah dan jelas menginformasikan produk/jasa kepada konsumen.
  2. SEM (Search Engine Marketing) Melakukan iklan berbayar di mesin pencari yang kemudian muncul dalam halaman pencarian google untuk meningkatkan lalu lintas website atau goals lainnya. SEM berupaya untuk membuat website mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari berdasarkan kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya. Selain SEM kamu juga bisa menggunakan SEO (Search Engine Optimization). SEO membutuhkan waktu yang lebih lama dan murah namun dapat bertahan secara konsisten berdasarkan kata kunci yang ditentukan. Kamu bisa menggunakan tools Google Ads atau Microsoft Ads.
  3. SMM (Social Media Marketing) Melalui sosial media bisa menjangkau pelanggan yang sudah ada maupun menjangkau pelanggan baru yang ditargetkan sesuai jenis bisnis. Kamu bisa  mempromosikan sebuah produk, jasa atau produk lain yang lebih spesifik untuk mendapatkan konversi sesuai tujuan. Saat ini juga sudah tersedia berbagai platform sosial media yang menawarkan layanan pemasangan iklan seperti :
    - Meta Ads (FB & IG)
    - Tiktok Ads
    - X Ads
    - dll
  4. Email Marketing Siapa yang saat ini tidak memiliki email? hampir semua orang pasti memiliki email maka dari itu email bisa dimanfaatkan baik perorangan atau perusahaan untuk melakukan pemasaran. Biasanya email marketing dilakukan untuk memberitahu informasi terbaru mengenai promosi atau diskon yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru dari bisnis. Cara ini sangat efektif jika kamu sudah memiliki lead atau daftar email konsumen. Tools yang bisa digunakan MailChimp, Constant Contact atau GetResponse.
Digital marketing memberikan fleksibilitas dan kemampuan untuk mengukur kinerja kampanye secara lebih terperinci dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional. Ini memungkinkan para pemasar untuk menyesuaikan strategi mereka dengan lebih baik berdasarkan data dan analisis yang mereka dapatkan dari aktivitas online konsumen. Jika ditanya apakah penting di era sekarang? saya akan jawab sangat penting! Semua orang selalu melihat smartphonenya, ini memungkinkan kamu bisa memasarkan produk/jasa yang kamu jual dan mendapatkan prospek jauh lebih banyak daripada sebelumnya. Demikian tulisan saya mengenai Apa itu Digital Marketing? Apakah Penting di Era Sekarang? jika ada yang ingin ditanyakan mari kita berdiskusi pada kolom komentar.
I'm a Digital Marketer & Graphic Designer. I have serious passion for social media, promotion design and creating intuitive.