Cara Menampilkan Demografi Google Analytics GA4

Data demografi pengguna kamu tidak tampil? mungkin karena kamu belum mengaktifkan data koleksi pengguna. Baca artikel ini untuk membantumu!
Terkadang ide tulisan blog ini berasal dari masalah yang saya alami sendiri. Berawal dari client yang meminta data Google Analytics, ternyata ada data demografi pengguna yang tidak muncul seperti gender, minat, dan usia. Sedikit panik karena mau alasan apa ya kalau seperti ini 😅, ya memang karena sebelum pindah ke GA4 semua demografi aman-aman saja. Sejak migrasi ke GA4 saya terlewat konfigurasi mengenai demografi ini, mohon dimaafkan deh ya. Kamu yang melihat artikel ini pasti sedang mengalami apa yang pernah saya alami ini kan? Gambar diatas adalah contoh jika demografi kalian kosong. Lalu bagaimana cara untuk menampilkannya? mudah saja bagiku, mudah saja untukmu, seperti lagu Sheila On 7 😄.

Cara Menampilkan Demografi Google Analytics GA4

  1. Pastikan kamu sudah masuk ke https://analytics.google.com
  2. Klik menu Admin yang berada dikiri bawah (lihat gambar nomor 01)
  3. Selanjutnya pilih menu Data collection and modification (nomor 02)
  4. Pilih menu Data collection (nomor 03)
  5. Klik tombol Turn on Google signals data collection (04)
  6. Nantinya akan muncul pop up Turn On Google signals data collection, klik tombol Turn on (nomor 05)
  7. Kemudian klik tombol Turn on User-ID and user-provided data collection (nomor 06)
  8. Akan muncul pop up Turn on user-provided data collection, centang Collect automatically detected user provided data (nomor 07) kemudian klik tombol Turn on (nomor 08)
Jika sudah menyalakan semua koleksi data seperti cara diatas, kamu tinggal menunggu sekitar 24 jam untuk dapat melihat kembali demografi pengguna di Google Analytics. Seperti gambar dibawah ini: Sekian artikel saya mengenai Cara Menampilkan Demografi Google Analytics GA4, semoga bermafaat dan jangan lupa bagikan ke teman yang membutuhkan 🫰
I'm a Digital Marketer & Graphic Designer. I have serious passion for social media, promotion design and creating intuitive.