Copywriting: Hal Yang Diremehkan Namun Penting

Ah kerjaannya cuma ngetik-ngetik gue juga bisa! coba deh baca artikel ini biar kamu makin melek tentang copywriting

Ah kerjaannya cuma ngetik-ngetik gue juga bisa! Yap ucap seseorang yang belum pernah bertemu dengan lembar kosong. Pernah beli barang/makanan karena lihat iklan di TV, spanduk di jalan, poster di kendaraan umum atau media sosial? Pasti pernah dong? Nah karena tulisan-tulisan itu kamu mempunyai perasaan untuk membeli. Itulah peran dari copywriting, tidak sembarangan dibuat oleh sang penulis atau bisa disebut copywriter, jadi gak cuma ngetik-ngetik ngasal doang :p

Apa Itu Copywriting?

Copywriting sebuah teknik menulis suatu naskah yang dimana untuk membujuk atau merayu konsumen melakukan tindakan yang kita inginkan seperti membeli produk, berlangganan jasa, mengklik konten, dan lain sebagainya. Sering kita jumpai pada konten media sosial Facebook, Instagram, X, dan lain-lain. Sederhananya dalam ilmu marketing copywriting bisa disebut dengan seni menyusun kata-kata yang bisa mempengaruhi orang saat membacanya agar mau menuruti keinginan kita sebagai penulis. Seorang copywriter mempunyai peranan penting untuk mampu  menulis secara kreatif dan berdasarkan riset. Seorang copywriter biasanya juga menguasai teknik penulisan di banyak media, seperti cetak, situs web, audio, dan audiovisual.

Tujuan Copywriting

Bertujuan untuk membuat konsumen tertarik, terlibat, dan terpikat dengan iklan atau materi pemasaran. Konsumen akan mempertimbangkan untuk membeli atau mengambil tindakan lain terkait apa yang ditawarkan. Tujuan copywriting lainnya untuk memberikan informasi yang relevan tentang produk maupun jasa, meningkatkan brand awareness agar konsumen mudah mengenali merek, membangun kepercayaan kepada konsumen dan dapat meningkatkan penjualan.

Jenis-jenis Copywriting

Walaupun hanya menulis, nyatanya copywriting mempunyai banyak jenis

Technical Copywriting

Jenis ini lebih berfokus memberikan pengetahuan terkait produk atau pun layanan yang lebih mudah dipahami oleh pembaca. Biasanya, jenis copywriting ini digunakan untuk informasi penggunaan produk, buku panduan teknis, dan lain sebagainya

Marketing Copywriting

Jenis copy ini menyampaikan informasi penjualan untuk mengenali keunggulan dan penjelasan produk maupun jasa agar meyakinkan konsumen melakukan tindakan yang kita inginkan. Contoh: Rasakan sensasi berkendara yang gesit dan lincah berkat body compact dan mesin yang responsif bersama Honda Brio!

Brand Copywriting

Jenis ini berfokus dalam meningkatkan citra dan identitas dari suatu brand agar dikenal banyak orang. Jenis ini sering digunakan untuk membuat tagline. Contoh: Honda One Heart!, Honda The Power of Dream - How We Move You.

Direct Response Copywriting

Jenis ini berupa konten tulisan untuk mendapatkan respons langsung dari audiens untuk melakukan tindakan seperti membeli suatu produk yang ditawarkan. Biasanya jenis copywriting ini bisa kamu temukan di push notification, pop up notification, atau ajakan mengisi formulir dengan tujuan mendapatkan leads. Contoh: Hanya bulan ini, miliki mobil Honda impian Anda dengan promo hebat extra benefit hingga puluhan juta rupiah!

Search Engine Optimization (SEO) Copywriting

Jenis ini berfokus dengan kata kunci yang relevan untuk tampil dalam mesin pencari saat audiens melakukan suatu pencarian. Bertujuan agar artikel muncul dibagian teratas saat pencarian google, bing, atau mesin pencari lainya. Hal ini dapat meningkatkan traffic website yang dapat meningkatkan brand/merek.

Social Media Copywriting

Jenis ini berfokus pada sebuah judul, caption, naskah video pada sebuah konten agar audiens tertarik membaca atau melihatnya yang bertujuan mendapatkan engagement yang tinggi secara organik. Contoh: 3 hal penting yang harus diperhatikan saat berkendara! / Cuma DP 5juta bisa bawa pulang Honda Brio, emang bisa?

Email Marketing Copywriting

Jenis ini lebih mengajak pembaca melakukan tindakan yang kita inginkan saat membaca pesan email marketing yang kita kirimkan. Biasanya pesan berisi tentang promo produk ataupun sekedar informasi yang diarahkan ke website atau platform lain untuk mendapatkan sebuah leads.

Jenis Copywriting Mana yang Menarik?

Beberapa jenis copywriting di atas dapat kamu terapkan di perusahaan maupun hal apapun terkait dengan marketing. Sekarang sudah tahukan apa itu copywriting, tujuan dan jenisnya apa saja? kamu bisa mencoba untuk mempromosikan produk/jasa dan lihat perbedaannya saat tidak dan dengan menggunakan copywriting.  Memang tidak mudah untuk membuat suatu copy dan tidak susah jika kita sudah tahu formulanya. Namun copywriting ini sangat penting untuk menarik hati audiens atau konsumen, sama seperti kamu memikat pujaan hati pasti dengan kata-kata yang manis dan memikat hati bukan? ;) Sampai disini dulu pembahasan Copywriting: Hal Yang Diremehkan Namun Penting, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya.
I'm a Digital Marketer & Graphic Designer. I have serious passion for social media, promotion design and creating intuitive.